Pages

Jumat, 26 April 2013

Avana Apartments oleh Aboday Architects

Proyek apartemen 16 lantai ini terletak di Jalan Kemang Raya, Jakarta Selatan, sebuah lingkungan yang terkenal dengan koleksi pohon-pohon dan taman yang luas. Konsep awal dari proyek ini adalah membuat sebuah apartemen dengan memiliki 8 lantai yang mempunyai balkon. Awalnya bangunan ini dirancang oleh perusahaan konsultan arsitektur asal Singapura, SCDA Pte.Ltd yang kemudian digantikan oleh Aboday setelah sebelumnya perencanaan sempat terhenti selama sekitar beberapa bulan pada tahun 2006.
Hidup dengan berada ‘di atas tanah’ seperti di apartemen ini merupakan sebuah hal yang baru bagi masyarakat setempat yang terbiasa dengan ide tinggal di ‘landed house’. Mmaka pengenalan balkon yang luas yang mengelilingi setiap unit merupakan sebuah tiruan dari konsep ‘halaman’ di rumah ‘normal’. Terdiri dari 64 unit apartemen yang luasannya berkisar antara 180 meter persegi hingga 460 meter persegi (untuk penthouse), dan dengan setiap ruang pribadi yang luas ditambah dengan area service, apartemen ini merupakan lambang ‘landed house’ yang ditumpuk di atas satu sama lain, menciptakan sebuah rumah di langit. Gagasan tentang ruang internal-eksternal yang cair juga dieksplorasi dalam setiap penciptaan ruang pada bangunan ini. Sebuah lobi ketinggian 6 meter, yang membuka langsung ke kolam renang publik dan taman dirasa dapat memulai sebuah pengalaman ruang di lantai dasar ketika orang memasuki gedung. Konsep internal-eksternal ruang ini pun terlihat lebih jelas di setiap unit di lantai atas. Hampir tidak ada batas terlihat antara unit internal, balkon, (dan bahkan langit …….) sebagai akibat dari penggunaan ekstensif panel kaca tempered untuk pintu, jendela dan pagar balkon.
Salah satu fitur utama dari bangunan ini adalah pengenalan beberapa balkon dan kolam renang pribadi untuk unit tertentu yang menonjol yang diletakan secara berirama sepanjang 3 meter melampaui perimeter bangunan, melepaskan suasana ‘ketegangan’ dalam unit menuju pemandangan cakrawala kota Jakarta. Kolam renang yang memiliki panjang 2,5 x 11 meter dengan kaca pada ujungnya, menawarkan sebuah pengalaman baru untuk para penghuni. Ditambah pula adanya taman dan reflecting pool, bertindak sebagai katalisator antara rumah pribadi dan konteks perkotaan bangunan. Ketika sebagian besar bangunan apartemen di Jakarta selalu diidentifikasi dengan menggunakan material-material yang “dipoles”, Aboday tertarik untuk merancang sebuah bangunan tinggi dengan lebih ‘bertekstur’. Mereka membayangkan Apartment Avana memiliki fasad bertekstur yang ‘sedikit reflektif’. Konsep ini sejalan dengan gagasan mereka dalam menangkap semangat Kemang, dimana desain bangunan tersebut, bahwa ‘greeneries’ akan berkembang di udara. Juga dengan balkon luas yang mereka miliki, para penghuni diharapkan dapat memiliki kebun vertikal mini mereka sendiri. Sepanjang tahun, ketika pohon-pohon dan hijau mendominasi masing-masing ruang, permainan terjalin antara beton-kaca dan greeneries akan membiarkan Apartment Avana muncul sebagai permadani raksasa berdaun, meniru Kemang di sekitarnya
Architect: Aboday Architects (Indonesia)
Location: Jakarta, Indonesia
Project Architect: PT. Parama Loka Cipta
Developer: PT. Asiana Lintas Cipta
Management Construction: PT. Arkonin
Structure Consultant: PT. Agoes Kurnia
M & E Consultant: PT. Policipta Multidesain
Quantity Surveyor: PT. Korra Antarbuana
Lighting Consultant: PT. Litac Consultant
Photographs: Happy Lim

0 komentar:

Posting Komentar

histat