Pages

Rabu, 22 Mei 2013

BIODATA "ZAHA HADID"

Hadid lahir pada tahun 1950 di Baghdad, Irak. Dia menerima gelar di bidang matematika dari Universitas Amerika di Beirut sebelum pindah untuk belajar di Sekolah Dasar Arsitektur Arsitektur di London. Setelah lulus dia bekerja dengan mantan guru-nya, Rem Koolhaas dan Elia Zenghelis di Kantor untuk Metropolitan Arsitektur, menjadi mitra pada tahun 1977. Itu adalah dengan Koolhaas bahwa dia bertemu dengan insinyur Peter Rice yang memberi dukungan dan dorongan awal, pada saat pekerjaannya sepertinya sulit untuk membangun.

Pada tahun 1980 ia mendirikan praktek sendiri yang berbasis di London. Selama tahun 1980-an ia juga mengajar di Arsitektur Asosiasi. Dia juga mengajar di lembaga bergengsi di seluruh dunia, ia memegang Kenzo Tange Kursi di Graduate School of Design, Harvard University, Ketua Sullivan di University of Illinois di Chicago School of Arsitektur, profesor tamu pada Hochschule für Bildende Künste di Hamburg, Knowlton Sekolah Arsitektur, di Universitas Negeri Ohio, Studio Master di Columbia University, New York dan Profesor Tamu Eero Saarinen Desain Arsitektur di Yale School of Architecture, New Haven, Connecticut. Selain itu, ia diangkat sebagai Anggota Kehormatan American Academy of Arts dan Sastra dan Fellow Kehormatan dari Institut Arsitek Amerika. Dia telah berada di Dewan Pembina Yayasan Arsitektur. Saat ini ia adalah Profesor di University of Applied Arts Vienna di Austria.

Pemenang dari kompetisi internasional, secara teoritis berpengaruh dan inovatif, sejumlah desain Hadid menang pada awalnya tidak pernah dibangun: terutama, The Peak Club di Hong Kong (1983) dan Cardiff Bay Opera House in Wales (1994). Pada tahun 2002 Hadid memenangkan kompetisi desain internasional untuk desain masterplan Singapura satu-utara. Pada tahun 2005, desain-nya memenangkan kompetisi untuk kasino kota baru Basel, Swiss. Pada tahun 2004 Hadid menjadi penerima wanita pertama dari Pritzker Architecture Prize, setara arsitektur tentang Hadiah Nobel. Sebelumnya, ia telah dianugerahi CBE untuk jasanya kepada arsitektur. Dia adalah anggota dewan redaksi Encyclopædia Britannica. Pada tahun 2006, Hadid mendapat kehormatan dengan retrospektif mencakup seluruh pekerjaan-nya di Museum Guggenheim di New York. Pada tahun itu ia juga menerima Gelar Kehormatan dari Universitas Amerika di Beirut.

Perusahaan desain arsitektur Zaha Hadid - Zaha Hadid Architects - adalah lebih dari 350 orang yang kuat, yang berkantor pusat di London.

Pada tahun 2008, ia peringkat 69 dalam daftar Forbes dari "100 Dunia Wanita Paling Kuat". Pada tanggal 2 Januari 2009, ia menjadi editor tamu pagi radio BBC program unggulan berita, Today.

Pada tahun 2010 dia juga diberi nama oleh majalah Time sebagai pemikir berpengaruh di TIME 2010 100 masalah.

Hadid adalah desainer dari Dongdaemun Desain Plaza & Taman di Seoul, Korea Selatan, yang diharapkan akan menjadi pusat dari perayaan untuk sebutan kota ini sebagai Modal Desain Dunia 2010. Kompleks ini dijadwalkan akan selesai pada tahun 2011.

PENGHARGAAN

0 komentar:

Posting Komentar

histat